Beranda » Tentang Sangihe » Visi dan Misi

Visi dan Misi

Visi dan Misi Kabupaten Kepulauan Sangihe

        Visi pembangunan Daerah 2011 - 2016 adalah “Mewujudkan Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai kabupaten bahari yang sejahtera dan bermartabat”, guna mewujudkan Visi Daerah, maka Misi yang akan digunakan adalah :

  1. PENANGGULANGAN KEMISKINAN Rakyat di wilayah perbatasan negara melalui implementasi program pengentasan kemiskinan   secara sinergis, kolektif dan konsisten serta akselerasi pencapaian tujuan MDG’s tahun 2015
  2. PEMANTAPAN  EKONOMI  DAERAH,  dengan mengutamakan pengembangan sektor Kelautan dan Perikanan utamanya Perikanan Tangkap, Pariwisata, Pertanian dan Perkebunan
  3. PENDIDIKAN, yang difokuskan pada penyediaan lembaga pendidikan, penyebaran tenaga guru menurut jenjang yang merata dan proporsional, mewujudkan pendidikan dasar & menengah bebas biaya serta pengembangan pendidikan tinggi yang mampu menunjang penciptaan lapangan kerja di daerah.
  4. KESEHATAN, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan utamanya bagi penduduk miskin , meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan Puskesmas setara Rumah sakit, menyiapkan tenaga Medik, paramedik dan non perawatan, baik jumlah, jenis, kapasitas serta penyebarannya.
  5. KETAHANAN  PANGAN, diarahkan untuk Peningkatan / perluasan lahan, pembangunan infrastruktur pertanian dan perikanan serta Peningkatan kapasitas kelembagaan penyuluhan yang mampu menerapkan hasil inovasi penelitian dan pengembangan dalam rangka meningkatkan kualitas dan produktivitas.
  6. REFORMASI  BIROKRASI DAN TATA KELOLA, diarahkan melalui pemantapan kinerja, integritas, akuntabel, taat hukum, berwibawa dan transparan, meningkatkan kualitas pelayanan publik yang ditopang oleh efisiensi struktur pemerintah, kapasitas aparatur yang memadai, dibarengi penyempurnaan manajemen kepegawaian yang profesional serta penetapan dan penerapan sistem pengukuran capaian kinerja.
  7. INFRASTRUKTUR, diarahkan untuk meningkatkan daya dukung & daya gerak pertumbuhan ekonomi dan sosial berkeadilan melalui ketersediaan RTRW sebagai acuan perencanaan pembangunan, meningkatkan infrastruktur dasar, kualitas dan keselamatan  transportasi, sanitasi lingkungan, pembangunan / rehabilitasi prasarana pengendalian banjir dan pengaman pantai serta meningkatkan ketersediaan prasarana, sarana fasilitas komunikasi yang menjangkau seluruh wilayah.
  8. PENYEDIAAN SUMBER DAYA ENERGI, diarahkan untuk menuntaskan ketersediaan sumber daya listrik yang konstan serta kepastian pasokan dan cadangan bahan bakar minyak di wilayah terpencil, pulau-pulau kecil dan pulau-pulau terdepan.
  9. KAWASAN KEPULAUAN, PERBATASAN DAN TERTINGGAL, diarahkan untuk berfungsinya PKSN Tahuna sebagai pusat pelayanan wilayah perbatasan, pengembangan ekonomi lokal, memperkuat kelembagaan ekonomi masyarakat dalam mengelola sumberdaya  lokal, meningkatkan layanan dasar publik serta pelayanan dasar lainnya yang terjangkau dan berkualitas, meningkatkan infrastruktur dan aksesibilitas dengan pusat - pusat pertumbuhan ekonomi.
  10. LINGKUNGAN  HIDUP  &  PENANGGULANGAN BENCANA, diarahkan untuk  meningkatkan kualitas lingkungan melalui konservasi dan pemulihan terpadu,  memperkuat lembaga dan kesadaran masyarakat menuju berkembangnya konservasi SDA melalui partisipasi aktif masyarakat, meningkatkan kapasitas aparatur dan masyarakat dalam upaya pengurangan risiko, penanganan bencana serta pemulihan pasca bencana.
  11. KEBUDAYAAN,  KREATIFITAS &  PEMANFAATAN  TEKNOLOGI, diarahkan untuk  meningkatkan perhatian dan kesertaan pemerintah serta masyarakat dalam aktifitas seni budaya, menumbuhkembangkan apresiasi seni budaya, memperkuat lembaga dan regulasi kepariwisataan, meningkatkan sarana prasarana,  penguatan sistem, pemanfaatan iptek, pembenahan destinasi wisata, infrastruktur, ketertiban dan keamanan terkordinasi dan  harmonisasi sosial serta kerja sama antar umat beragama.

 

*Sumber Profile Sangihe 2011

 

Post by Bag. PDE Setda Kab. Kepl. Sangihe