Bertempat di aula Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kepulauan Sangihe digelar acara pelepasan calon jamaah haji Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun 1439 H / 2018 M Rabu, 8 Agustus 2018.

dihadiri Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong, SE, Danlanal Tahuna Letkol. Donny Aribowo.

Kepala kantor Kementrian Agama Kabupaten Kepulauan Sangihe Rikson Hasanati, S.Ag. M.Pd.I dalam laporannya mengatakan, calon jamaah haji asal Kabupaten Kepulauan Sangihe yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah berjumlah 13 orang dengan rincian laki – laki 6 orang dan perempuan 7 orang dan kesemuanya telah melewati proses pemeriksaan kesehatan oleh tim dari RSUD Liunkendage Tahuna dan Puskesmas Tahuna Timur.

Sementara itu Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong, SE dalam laporannya mengatakan selama beberapa waktu kedepan, jamaah calon haji Kabupaten Kepulauan Sangihe akan berada di tanah suci memenuhi rukun Islam kelima yaitu melakukan ibadah haji.

Indikator keberhasilan ibadah tentu saja tidak hanya terlihat ketika mengikuti ibadah haji, akan tetapi justru akan terlihat pada sikap dan karakter kaum muslimin, pasca menunaikan ibadah haji di tanah suci.

Nilai – nilai positif inilah yang kemudian menjadi karakter seorang muttaqin, sebagai profil insan yang dibentuk melalui ibadah. Nilai – nilai tersebut harus terinternalisasi dalam pribadi setiap muslimin dalam menjalani hidup. ( Orlando Lumiu )