Sangihe,-Perhelatan pelaksanaan Festival Pesona Sangihe (FPS) tahun 2018 yang dirangkaikan dengan perayaan Pertemuan Raya dan Konsultasi Nasional ke XII Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (Konas XII FKPKB-PGI) tahun 2018, Selasa (04/9/2018) resmi dubuka oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE.

Kedatangan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE langsung disambut secara adat oleh masyarakat Sangihe.

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dalam sambutanya mengatakan, dalam suasana persaudaraan dan kekeluargaan saya mengajak kita sekalian untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan yang Maha kuasa, karena atas cinta kasihNya sehingga pada hari ini kita dapat dipertemukan dalam satu agenda akbar yaitu acara pembukaan FPS 2018, Sekaligus Pertemuan Raya dan Konsultasi Nasional ke XII Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (Konas XII FKPKB-PGI) tahun 2018.

“Kami selaku Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe sangat bersukacita menyambut kedatangan Bapak/Ibu tamu undangan sekalian telah datang dari berbagai daerah yang ada di Indonesia,” kata Gaghana.

Lanjut Bupati, sukacita kami semakin berlimpah karena agenda ini boleh dihadiri oleh Guberbur Provinsi Sulut Olly Dondokambey SE bersama rombongan dan Sekretaris Umum majelis pekerja harian PGI Pdt Gomar Gultom STh MTh bersama rombongan.

“Untuk itu kami menyambut kedatangan hadirin sekalian dengan ucapan selamat datang, selamat baku dapa, salamate nasombang dalam acara pembukaan FPS 2018 sekaligus Perayaan Pertemuan Raya dan Konsultasi Nasional ke XII Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (Konas XII FKPKB-PGI) tahun 2018,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini ijinkan kami untuk menyampaikan ungkapan hati selaku Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sangihe dengan visi Kabupaten Kepulauan Sangihe perbatasan NKRI sebagai gerbang maritim yang maju sejahterah dan mandiri.

“Bahwa kami sangat diberkati dengan kekayaan alam dan laut serta ragam budaya warisan para leluhur, bahkan dalam pelaksanaan pembangunan selaku daerah perbatasan yang merupakan beranda depan paling utara Nusantara,” ungkapnya.

Selanjutnya sambutan Ketua Forum Kaum Bapak PGI Royke Roring yang juga Bupati Minahasa menyampaikan, pada hari ini kaum bapa PGI boleh melaksanakan Konas XII FKPKB-PGI tahun 2018, dimana, tidak terasa sudah memasuki Konsultasi yang ke dua belas dan telah terlaksana dari Gereja-Gereja hari ini berada dibagian utara.

“Atas nama pengurus Kaum Bapa PGI menyampaikan apresiasi secara khusus kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang selama pelaksanaan Konsultasi dua kali hadir, yang pada dua tahun lalu telah memberikan materi di Kota Palu,” ungkapnya.

Sementara itu sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE menyatakan, kita hadir disini dalam rangka acara bersama pembukaan FPS tahun 2018 dan Konas XII FKPKB-PGI tahun 2018, atas nama Pemerintah Provinsi Sulut tentunya memberikan apreaiasi bagi Kabupaten Kepulauan Sangihe yang sudah menyelenggarakan dua acara sekaligus ini.

“Dalam suasana kebersamaan yang tercipta indah saat ini, tentunya saya mengajak seluruh masyarakat serta para tamu undangan, mari kita tidak henti-hentinya melakukan kegiatan-kegiatan yang betul bermanfaat bagi kita semua,” ucap Dondokambey.

“Karena saat inilah kita melakukan perubahan dalam rangka untuk memajukan kebersamaan kita,” sambung dia.

Terkait denga pelaksanaan Konas XII FKPKB-PGI tahun 2018 ini, tambah Gubernur, dirinnya akan menyampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian bersama.

“Sangat disadari bahwa dalam kehidupan keluarga Gereja dan masyarakat serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Pria Kaum Bapa punya peran yang sangat penting yang didasari oleh latar belakang dan peranan yang diemban oleh setiap anggota Pria Kaum Bapa, baik sebagai seorang kepala keluarga, sebagai seorang anggota jemaat, sebagai bagian dari masyarakat yang senantiasa memberikan kontribusi positif,” tuturnya.

Dihadiri oleh, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulut, Sekretaris Umum Majelis pekerja harian persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt Gomar Gultom STh MTh, Ketua Forum Kaum Bapak PGI Royke Roring yang juga Bupati Minahasa, Mantan Bupati Kepualauan Sangihe Winsulangi Salindeho, Penjaba Bupati Kepulauan Sangihe yang juga Wabup Sotaro Jhon Palandung, Bupati Mitra James Sumendap, Wabup Helmud Hontong SE, Sekda Edwin Roring SE, Ketua DPRD Sangihe Benhur Takasihaeng, anggota DPRD Sangihe, serta para tamu undangan.arno