Sangihe,– Perhelatan Pelaksanaan Festival Pesona Sangihe 2018 resmi ditutup. Pelaksanaan kegiatan selama lima hari dimulai dari tanggal 4 sampai 8 Sebtember 2018 yang dirangkaikan dengan perayaan Konsultasi Nasional (Konas) ke XII Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (FKPKB-PGI) tahun 2018. Semua kegiatan yang berkaitan dengan Festival Pesona Sangihe resmi ditutup oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghanana SE ME, Sabtu (8/9/2018).

Sebelumnya pada penutupan Festival Pesona Sangihe 2018 ini, telah dilaksanakan bakar ikan massal di setiap stand-stand pameran.
Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, bersama Ketua Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Dra Hermin Ririswaty Gaghana Katamsi, Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE bersama Wakil Ketua Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Rechel Hontong Sasamu, Ketua DPRD Sangihe Benhur Takasihaeng bersama Istri tercinta Tineke Lalelah, beserta jajaran dan rombongan sebelumnya melakukan kunjungan di setiap stand-stand, sekaligus mencicipi makanan yang telah disediakan disetiap stand.

Pada penutupan Festival Pesona Sangihe 2018 ini, diawali dengan penampilan para pemenang lomba seperti juara 1 lomba bintang Vokalia tingkat SMP, juara satu tari empat wayer, penampilan musik adat Sangihe Sasambo, penampilan tarian adat para leluhur Sangihe tari Songko, serta tari Bungke yang dihadiri ribuan masyarakat Kabupaten Sangihe.

Selanjutnya, penyerahan hadiah bagi seluruh pemenang lomba yang turut keikut sertaan selama pelaksanaan Festival Pesona Sangihe 2018.

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME pada sambutannya saat menutup Pelaksanaan Festival Pesona Sangihe 2018 mengatakan, patutlah kita memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas penyertaaNya.

“Ketika kita telah melaksanakan Festival Pesona Sangihe tahun 2018, yang dimulai dari tanggal 4 sampai dengan tanggal 8 Sebtember 2018. Sehingga sampai malam hari ini boleh terlaksana dengan baik,” kata Gaghana.

Bupati menjelaskan, suksesnya Pelaksanaan Festival Pesona Sangihe ini berkat dukungan Bapak/Ibu saudara sekalian, serta Doa dan cuaca yang begitu baik semua atas anugerah dan penyertaan Tuhan. “Kepada seluru peserta baik bagi stand-stand pameran, peserta lomba, peserta pawai bahkan masyarakat yang langsung menyaksikan, menghadiri Festival Pesona Sangihe dalam kurun waktu lima hari ini, kami mengucapkan terima kasih,” ungkap Gaghana.

Sehingga Bupati meminta permohonan maaf jika ada pelaksanaan kurang berkenan dari Bapak/Ibu saudara sekalian, juga memohon maaf jikalau tidak dapat memenuhi keinginan masyarakat Sangihe untuk pelaksanaan Festival Pesona Sangihe lebih lama. “Diharapkan tahun depan (2019 red) kita akan buat Festival Pesona Sangihe dilaksanakan lebih lama, serta akan membuat apa yang menjadi keinginan dari masyarakat.

Seperti sambutan Gubernur ketika membuka Festival Pesona Sangihe diharapkan dapat didukung oleh Peraturan Daerah (Perda), yang memberikan penguatan bagi Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Festival Pesona Sangihe kedepan,” tukasnya.

“Tentu ini adalah respon dari Pemerintah untuk memajukan daerah dalam pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” sambung dia.

Untuk itu Bupati memohon dalam segala keterbatasan, kekurangan, serta memohon maaf dan berdoa bersama, Festival Pesona Sangihe kedepan akan semakin ditingkatkan dan berkualitas.

“Agar bisa mendatangkan banyak orang dari berbagai daerah yang tertarik dengan objek pariwisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” pungkas Gaghana.

Diujung penutupan Festival Pesona Sangihe 2018 ini langsung dihibur oleh Grup Musik Bambu Tabadine (Tawoali, Bakalaeng, Pedine) yang mejuarai lomba musik bambu kelas umum.

Selanjutnya, Bupati, Wabup, beserta jajaran Forkompimda melanjutkan kunjungan disetiap stand, dan kegiatan penutupan Festival Pesona Sangihe 2018 diakhiri di setiap stand masing-masing.

Turut dihadiri, ketua Penggerak PKK Kabupaten Sangihe Dra Ririswati Gaghana Katamsi, Wabup Helmud Hontong SE, Wakil Ketua Penggerak PKK Kabupaten Sangihe Rachel Hontong Katamsi, Kapolres Sangihe AKBP Sudung Napitu SIK, Wakapolres Kompol Harry O Bingku, Dandim Kodim 1301/Sangihe Inf Letkof Saiful Parenrengi Msi, Danlanal Tahuna Letkol Laut (P) Dony Aribowo, Kajari Tahuna Muhammad Irwan Datuinding SH MH, Asisten I Drs Dirgahayu Mandiangan, Asisten II Ben Pilat, ketua KPU Sangihe Elysse Sinadia, ketua DPRD Sangihe Benhur Takasihaeng serta Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe,”.(enal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *