TAHUNA (BK): Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE melaksanakan Me’Daseng putaran kedua di wilayah Kecamatan Manganitu, yakni Kampung Kauhis, kawasan Lapangan Kampung Kauhis, Jumat (14/12/2018).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, antara lain, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) Deputi Bidang Pinjaman Daerah yakni Royjon Erasmus, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Benhur Takasiaheng, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Ny Ririswati Gaghana Katamsi, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Ny Rahel Hontong Sasamu.

Rombongan disambut masyarakat secara adat di di Kampung Kauhis, 11.24 Wita. Setibanya di lokasi diawali dengan doa bersama. Pada kesempatan itu, Camat Manganitu, Arabaeng, melaporkan kegiatan Me’Daseng pada putaran kedua, untuk pertamanya di Kampung Kauhis, tentunya masyarakat menyambut baik pelaksanaannya.

“Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) sebelumnya sudah melaksanakan beberapa kegiatan. Yakni BPBD melaksanakan program penyuluhan antisipasi bencana alam, Dinas Dinas Pengendalian Pendududuk yakni pemasangan implan untuk keluarga kecil bahagia di BPU Kecamatan Manganitu. Juga Dinas Perlindungan anak dan Perempuan dengan fokus bagi siswa sekolah SMA yakni penundaan perkawinan,” tandasnya.

Dia juga menjelaskan, Dinas Pangan serta Dinas Kelautan dan Perikanan mengakomodir pengolahan ikan, Dinas Dukcapil melakukan perekaman KTP Elektronik dan Kartu Keluarga (KK), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) memfasilitasi sosialisasi tenaga kerja.

Berikut, Dinas Kesehatan (Dinkes) melaksanakan penyuluhan kesehatan lingkungan agar masyarakat tidak membuang air besar sembarangan, Inspektorat pemutahiran terhadap tindaklanjut pengawasan, Dinas Sosial (Dinsos) memfasilitasi masyarakat disabilitas, Badan Keuangan membuka loket pajak bagi tiga kampung yang belum lunas pajak.

“Sekitar 90 persen sudah lunas. Dan dalam waktu dekat akan dilunasi 100 persen. Pula diterapkan teknik manajemen berbasis digital,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena bisa melaksanakan agenda MeDaseng, di Kauhis, sebagai pertama pada putaran kedua sekaligus melantik dewan adat, karena periode sebelum telah selesai.

“Bukan secara kebetulan dewan adat dilantik di Kauhis, tentunini historis memberikan gambaran, yakni raja. manganitu, dan kini dilaksanakan saat Me’Daseng. Me’Daseng tak terlepas dengan kultur atau budaya di Sangihe, bahasa sangihe jadi bahasa pergaulan, punya struktur bahasa yang banyak, sangat sulit, susah memahami,” kata Bupati.

Pula disampaikannya, Me’Daseng tahap kedua, termasuk metode yang diterapkan merupakan salah satu bagian penting untuk dilaksanakan di wilayah-wilayah. “Me’Daseng juga sebagai kontrol bagi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik atau masyarakat. Bahkan pelayanan dasar sudah dilaksanakan sebelumnya oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD),” kata dia.

(fad/bk-1)

Sumber Berita : Berita Kawanua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *