Sangihe,- masyarakat Etnis Sangihe Sitaro dan Talaud yang berada di kota Wamena Kabupaten Jayawijaya Propinsi Papua  menggelar Upacara Adat Tulude senin 4 februari 2019, acara turede di laksanakan bertempat di Gedung Ukumearek Asso Wamena.

Acara tulude di awali dengan menginsomahe sake, Mendangeng Tamo, Menahulending Banua dingangu Tembonange, yang diserahkan kepada Bupati Jhon Richard Banua SE,Msi.  Wakil Bupati, Martin Yogobi SH M.Hum. Ketua DPRD Toufik Latuihamalo Kabupaten Jayawijaya serta kepada Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Helmut Hontong SE.

 

Memoto Tamo, Thema yang diangkat dalam Acara Adat Tulude tahun 2019 Makitarimakase Dingangu Nakitangkiang Suralungu Kakendagu RuatangSaruruang. bersyukur dan Mengabdi Dalam Rahmat Tuhan.

Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon Richard Banua SE.MSi yang merupakah berdara Sangihe Talaud ini memberi apresiasi kepada panitia dan Masyarakat Etnis Sangihe Sitaro dan Talaud boleh menyelenggarakan  Budaya Tulude Warisan Leluhur dapat dipertahankan dan dilestarikan di rantau seperti di Wamena ini”,kata dia.

Memaknai Adat Tulude sebagai pemersatu seluruh etnis sekaligus mempersatukan dan mempererat kerukunan perkumpulan Masyarakat Sangihe siau Tagulandang biaro  Talaud Sengkanaung di Wamena,  Bupati berharap  jangan ikut-ikutan  membuat balo atau captikus Pemerintah Jayawijaya melarang arak ini beredar di Wamena mari kita menjaga ketertiban dan keamanan di Wamena”,tambahnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sangihe Helmut Hontong SE mengatakan momentum Tulude ini mensyukuri Tahun 2018 dan memohon berkat untuk menjalani hidup di tahun 2019.

Wakil bupati sangihe menghadiri Turude yang di selenggarakan oleh masyarakat etnis Sangihe,Sitaro dan Talaud yang ada di kota wamena provinsi Papua.

Wakil Bupati berharap kepada Masyarakat Etnis Sangihe Sitaro dan Talaud agar turut memberi kontribusi terhadap Program Pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

Usai acara dilanjutkan dengan malam keakraban dengan Masyarakat Nusa Utara di Wamena”,Tutup Hontong.(enal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *