Sangihe – Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E. Gaghana,SE.ME, mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020 di Hotel Shangri-La Jakarta yang dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Gaghana berharap program pemerintah pusat kedepan yang akan disusun pemerintah pusat akan berpihak lebih banyak kedaerah perbatasan, Gaghana mengatakan, sesuai dengan arahan bapak presiden, pelaksanaan Musrenbangnas 2019 telah menggunakan pendekatan money follows program, asas manfaat, serta perencanaan secara holistik, ematik, terintegrasi, dan berbasis spasial.

“Pelaksanaan musrenbangnas merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan Musrenbang di tingkat kabupaten kota dan provinsi,” jelas Gaghana.

Bupati juga menyampaikan pentingnya Musrenbang bagi pembangunan daerah. Menurutnya dari sinilah pemerintah menyusun rencana kerja tahun berikutnya yang berintegrasi dengan program pemerintah pusat. Dirinya berharap Kabupaten Sangihe bisa mendapat prioritas dalam Musrenbang ini.

“Melalui ini kita akan tahu apa saja program maupun rencana kerja yang dianggarakan oleh pemerintah pusat. Kita tentu berharap Kabupaten Sangihe bisa mendapat periotas dalam program-program pusat di 2020 mendatang”, ungkapnya.

Seperti diketahui, Undang Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (UU SPPN) mengatur tahapan proses penyusunan rencana pembangunan jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan. Salah satu tahapan terpenting yang menjadi bagian dalam proses tersebut adalah Musrenbangnas.

(Marno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *